Senin, 17 September 2012

Gunung Gamalama Meletus

Gunung Gamalama adalah sebuah gunung stratovolcano kerucut yang merupakan keseluruhan Pulau Ternate, Kepulauan Maluku, Indonesia. Pulau ini ada di pesisir barat Pulau Halmahera yang ada di bagian utara Kepulauan Maluku. Selama berabad-abad, Ternate adalah pusat benteng Portugis dan VOC Belanda untuk perdagangan rempah-rempah, yang telah mencatat aktivitas volkanik Gamalama. Gunung Gamalama mempunyai ketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut. Gunung Gamalama ditutupi Hutan Montane pada ketinggian 1.200 - 1.500 m dan Hutan Ericaceous pada ketinggian di atas 1.500 m. 
Dua gunung di Indonesia meletus hampir bersamaan, Sabtu 15 September 2012. 
Dua gunung itu adalah Gunung Lokon di Tomohon Sulawesi Utara dan Gunung Gamalama di Ternate Maluku Utara. Gunung Lokon meletus pukul 18.53 WITA. Suara letusannya sangat keras, hingga terdengar sampai ke Kota Manado yang berjarak kurang lebih 35 kilometer. Gunung Gamalama meletus pukul 20.27 WIT. Gunung ini menghembuskan abu vulkanik, Kota Ternate tertutup abu. Gunung ini juga meletus pada MInggu 16 September 2012.
Ketinggian abu dari letusan Gunung Gamalama mencapai 1.000 meter ke arah tenggara - selatan. Debu sudah turun di Selatan Kota Ternate. Jarak pandang 50 meter di Ternate. Sementara di Gunung Lokon, masyarakat dilarang beraktivitas dalam radius 2,4 kilometer dari pusat kawah Tompaluan.

0 komentar:

Posting Komentar

Cerita Online © 2012. Template by: Ceritaon